Tips bekerja dari rumah bersama pasangan

Di masa PSBB ini, banyak pasangan suami istri yang harus bekerja dari rumah.  Istilahnya Work from Home (WFH).  Untuk beberapa minggu ke depan sampai gelombang pandemic COVID-19 ini berlalu, inilah the new normal.  Rutinitas biasa di mana pasangan pergi bekerja seharian membuat waktu bersama jadi berharga.  Sekarang, tiba-tiba pasangan ada di rumah terus bersama-sama.  Sayang tetap sayang, tapi mendadak kok cape ya?  Ikuti tips ini supaya tetap lancar bekerja dari rumah bersama pasangan.

Kuncinya adalah komunikasi.  Setiap orang pasti resah dalam keadaan seperti sekarang, jadi persiapkan mental bahwa pasangan akan lebih emosional dari biasanya.  Kemudian sepakati aturan main seperti jam kerja dan di mana area kerja masing-masing.  Kalau harus berada di ruangan yang sama, terimalah telepon di ruangan lain supaya tidak mengganggu yang lain.  Siapa yang harus menjaga anak-anak dan kapan.

Tips selanjutnya adalah ganti baju.  Tidak harus pakai baju kantor, tapi hindarilah bekerja dengan baju tidur.  Ini membawa mindset kita ke mood bekerja.  Selain itu, waktu kita berganti baju lagi di malam hari, lebih terasa bahwa waktu kerja sudah berakhir dan sekarang kita kembali ke mood rumah.

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi rutinitas ini di akhir minggu.  Mana yang harus dirubah dan mana yang sudah berjalan dengan baik.  Membuat rutinitas baru adalah proses panjang seperti maraton, bukan sprint.  Kemampuan untuk beradaptasi dengan keadaan adalah kunci untuk bertahan.

Untuk artikel detilnya, silakan klik di sini.  Semoga tips ini membuat teman-teman lebih nyaman bekerja dari rumah bersama pasangan.

Mau tips yang lain?  Klik di sini.